Minggu, 03 Mei 2015

Ganti Dinamo Starter

Harga Dinamo Starter Suzuki Forsa : Rp.465.000,-

Hari Minggu tanggal 3 Mei 2015 beli dinamo starter baru untuk menggantikan motor starter Suzuki Forsa GLX saya yang rusak. Beberapa hari sebelumnya susah distarter, terus mati (distarter tidak terdengar suara mesin berputar). Kemudian saya cek ternyata ada bau seperti kabel terbakar, saya pegang bagian motor starter panas dan relay 4 kaki juga panas. Saya pikir relaynya rusak, kemudian saya coba ganti, ternyata bisa distarter lagi. Tapi sehari kemudian susah distarter lagi dan starter kembali benar-benar tidak bekerja. Ganti relay starter tetap gak mau hidup, sudah dicek arus listrik dari kontak dan aki pakai bohlam 12volt juga normal, arus listrik bisa sampai ke kaki-kaki relay. Jadi kesimpulannya, yang rusak bagian motor starternya, entah itu bagian selenoid atau motornya memang sudah hangus.

Akhirnya nekat saya bongkar sendiri dinamo starternya. Agak repot ternyata, karena tempatnya nyempil di belakang mesin Suzuki Forsa yang sempit dan harus menggunakan kunci shock ukuran 12, jadi harus beli dulu mata kuncinya karena belum punya. harganya mungkin sekitar Rp.9000,-. Setelah berhasil melepas dinamo starter dari mesin, kemudian mau bongkar dalemannya ternyata lebih repot lagi. Kepala mur selenoidnya sudah aus/lumpur jadi harus dipukul agak keras untuk membukanya. Nah setelah itu membuka bagian dinamo starter untuk melihat kondisi di dalamnya, ternyata agak gosong, tapi carbon brush-nya sepertinya masih lumayan tebal. Sempat mikir, kemungkinan yang rusak selenoidnya karena sepertinya sudah tidak standar, bau terbakar dan ada tambahan kaki. Nah, pas mau pasang lagi isi dinamo starternya, ceklekkk... ada suara benda patah, setelah dilihat ternyata dudukan carbon brushnya. duhhh... Kalau sudah begini dari pada repot-repot mending beli yang baru aja deh, nanti tinggal pasang aja. Tadinya pengin ngirit, kalau yang rusak selenoid-nya saja harganya sekitar Rp.200.000-an.

Nah, Hari Minggu tanggal 3 Mei 2015 saya menuju ke toko sparepart & bengkel di daerah Butuh, Purworejo untuk mencari dinamo starter Suzuki Forsa baru. Oh iya, saya juga bawa dinamo starter yang rusak, karena sebelumnya sempat tanya katanya harus bawa aslinya buat contoh, kalau gak bawa aslinya gak bisa. Bener deh, sampai toko saya kasihkan contohnya ke pelayan toko lalu dicariin di gudang. Dan ternyata, harus nunggu lama... banget. Setelah sekian lama menunggu mungkin sampai beberapa puluh menit, keluarlah pelayan toko bawa motor starter yang mirip dengan motor starter Suzuki Forsa GLX saya. Tapi, ternyata ukurannya agak lebih besar dan hanya ada satu kaki di bagian selenoid, serta gak ada drat di lubang bautnya. Nah lho,, jadi bingung kan...

Kemudian saya tanyakan itu kok beda, terus yang punya toko bilang ukurannya sama cuma kaki yang satu gak perlu dipakai. Lah.. terus kabel yang dimobil sisanya buat apa?? saya jadi bingung dan agak ragu-ragu mau beli karena masih belum ngerti cara pasangnya. Apalagi setelah saya lihat ternyata itu milik Katana, dan barangnya adalah hasil rekondisi. Saya tanya harganya kalau gak salah Rp.465.000, pantes lumayan murah karena kalau yang asli genuine part saya dapet infonya di internet harganya sekitar 1 jutaaan. Kemudian dicariin yang ada tulisannya buat Forsa ternyata malah ukurannya berbeda, lebih kecil, mungkin untuk Amenity. Pada saat itu, untung ada mekanik bengkel yang diminta pemilik toko bantu jelasin, dan dia jelasin cara pasangnya dan intinya ini sama.

Saya juga berpikir kan basic mesin Forsa, Katana, dan Carry yang 1.0 sama, jadi seharusnya dinamo starternya pun sama. Oke, akhirnya saya putuskan untuk beli dinamo starter Suzuki Forsa yang harganya Rp.465.000,- ini serta dua mur dan baut ukuran 12 yang lebih panjang karena mur lama jadi gak bisa dipakai (kurang panjang). Saya rasa harga segitu wajar, sesuai info yang saya dapat di internet sebelumnya, lagian sudah capek kalau harus muter-muter lagi nyari di toko lain.

Setelah sampai rumah, saya pasang sendiri dinamo starter Suzuki Forsa. Pasangnya agak repot, karena harus pake baut dan tempat untuk masukin mur bagian atas sangat sempit. Setelah selesai pasang, dicoba starter dan jrenggg!!! mesin langsung hidup. hore!!! Alhamdulillah...!! Bisa jalan-jalan lagi, dan sekarang Suzuki Forsa GLX saya jadi gampang distarter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar