Senin, 06 Juli 2015

Turun Mesin

Overhaul Mesin Suzuki Forsa GLX 89

Hari Kamis tanggal 25 Juni 2015 saya bawa mobil Suzuki Forsa saya ke bengkel A**ng Motor KTA, karena ada suara kletek-kletek keras dari dalam mesin. Ternyata divonis harus turun mesin. Biayanya diperkirakan lebih dari 3 juta :( Kok mahal banget ya? Padahal di bengkel-bengkel lain semua bilang kalau forsa turun mesin gak lebih dari 3 juta. Ya udah, mau gimana lagi, terlanjur dibawa ke situ karena saya pikir bengkelnya lumayan besar, sparepartnya tersedia, dan takut macet kalau jalan terlalu jauh ke bengkel lain. Mengingat sebelumnya mesin susah dihidupkan dan bunyi kletek-kletek makin keras.

Selama pengerjaan, mobil diinapkan di bengkel. Awalnya dibilang paling 5 hari atau lebih sedikit. Ternyata nggak jadi-jadi juga. Hingga saya harus menunggu sampai 11 hari. -_- Banyak masalah dan mesin harus diturunkan 2 kali. Karena sempat dinaikkan, tapi blok mesinnya ada yang pecah kehantam metal lama, sehingga air radiator bisa masuk ke ruang bakar, jadi diturunkan lagi untuk dibawa ke bengkel las. Kenapa gak dari awal diperiksa dulu dan dipastikan pemasangannya dengan benar. Bukan itu aja masalahnya, setelah mesin dihidupkan lagi, sampai saat ini settingnya belum benar. Knalpot masih ngebul hitam, katanya karbunya susah disetting, dan disana gak ada sparepartnya.

Biaya Turun Mesin Mobil Suzuki Forsa

Senin, tanggal 6 Juli 2015 saya ambil mobil saya dari bengkel. Keadaannya knalpot masih ngebul hitam, katanya karburatornya susah disetting, ACnya juga nggak dihidupin. Sepertinya klep-klepnya juga gak disetting ulang tuh. Dan tagihannya membengkak sampai Rp. 4.762.000,- . Lah kok banyak banget ya? Sparepart banyak diganti, ongkos mahal, pengerjaan lama tapi hasil belum maksimal. Lebih parah lagi, pas pulang baru jalan beberapa kilometer, mesin mbrebet, ndut-ndutan lalu macet. Saya isi bensin secukupnya kemudian saya bawa balik lagi ke bengkel tanya ke mekaniknya. Cuma dibersihin filter bensinnya, disemprot-semprot, lalu dicoba jalan muter sebentar bareng mekaniknya, anehnya gak macet. Hanya saja waktu itu saya gak tekan gas agak dalam karena mekaniknya bilang sementara jangan buat ngebut-ngebut dulu.

Ya sudah, karena sudah sore saya bawa pulang saya dengan perasaaan khawatir karena kemungkinan bakalan macet lagi nih di jalan. Nah benar saja, pas hampir sampai rumah mobil macet lagi. Ditunggu mesinnya dingin, isi bensin lagi, baru bisa jalan. Ini gara-gara karburator banjir, bensin gak mau naik karena pompa bermasalah atau karena bensin habis? Tapi kalau bensin habis lagi, berarti kok jadi boros banget ya? Setelah mobil bisa hidup lagi, saya bawa pulang dengan pelan dan hati-hati jangan sampai mbrebet di jalan. Alhamdulillah sampai rumah.

Pengalaman kali ini, kalau mau turun mesin bawa ke bengkel mobil yang benar-benar ahli. Lebih baik bawa ke bengkel kecil yang telaten dan benar-benar mengerti soal mesin daripada dibawa ke bengkel besar yang kurang profesional. Di bengkel kecil mungkin sparepart nggak lengkap tapi biasanya mereka yang usahakan nyari kalau nggak ada sparepartnya, dan ongkos kerjanya pun lebih murah, lebih mudah untuk diajak diskusi.

Semoga cerita pengalaman mobil Suzuki Forsa turun mesin kali ini bisa jadi pelajaran berharga bagi saya sendiri dan bagi teman-teman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar