Selasa, 16 Juni 2015

Mesin Mobil Berbunyi Kletek-kletek

Bunyi Berisik dari dalam Mesin Suzuki Forsa GLX

Jadi ceritanya kemarin mingggu pagi-pagi, pas berangkat mobil masih bisa ngebut, tapi tiba-tiba ndut-ndutan padahal malam sebelumnya busi sudah saya bersihkan. Gejala seperti ini sebenarnya sudah sering terjadi, biasanya karena busi & karbu kotor tapi efeknya nggak terlalu parah. Nah, pada saat pulang mesin mulai rewel, ndut-ndutannya makin parah. Kalau digas lebih dalam pas RPM naik mesin langsung mbebet dan tak jarang mati. Sempat berhenti beberapa kali dan saya otak-atik setelan karburator di jalan, tapi tetap makin parah. Akhirnya dipaksakan sampai rumah dengan penuh perjuangan.

Nah, di rumah saya buka cup mesin, dan saya cek lagi. Saya curiga sama filter bensin yang kotor karena sudah lama. Kemudian saringan bensin/ fuel filter saya ganti dengan yang baru walau ukurannya kegedean. Awalnya ketika mesin dihidupkan masih agak mbrebet pas digas, kemudian setelah beberapa lama saya gas pol sampai pedal gas mentok dek dan RPM naik sampai mentok, ternyata mesin nggak mati. Tapi..., masalah baru malah timbul. Dari dalam mesin terdengar suara kletek-kletek seperti ada benturan metal.

Suara kletek-kletek terdengar jelas ketika RPM naik di atas 2500, makin ditekan pedal gas suara mesin makin keras jadinya klotok-klotok. Coba cek ulang, intip satu-satu sambil berharap suara tidak berasal dari dalam mesin. Tapi, kenyataanya suara memang berasal dari dalam mesin. Katanya kalau sudah terdengar suara kletek-kletek atau suara aneh dari dalam mesin berarti harus dilakukan pengecekan komponen di dalam mesin sebelum terlambat dan merembet. Artinya harus OVER HAUL atau TURUN MESIN. Duhh... ada-ada aja masalahnya. Resiko memelihara motuba.

Berapa Biaya Turun Mesin Mobil?

Nah ini nih yang bikin pusing...!! Mikirin biaya turun mesin yang kemungkinan mahal. Walaupun katanya kalau mobil sejenis Suzuki Forsa biaya turun mesinnya relatif lebih murah dibanding mobil lain. Pernah tanya ke seorang mekanik di satu bengkel biaya turun mesin bisa sampai Rp.4.000.000,- sedangkan di bengkel lain bilang paling butuh dana sekitar dua juta rupiah cukup, dan di bengkel lainnya lagi ada yang bilang biaya turun mesin dan ganti sparepart mesin Suzuki Forsa maksimal Rp.2.500.000,- . Nah lo...!! Jadi bingung kan saya. Masalahnya kalau biayanya sampai 4 juta?? Belum siap nih.

Apakah teman-teman ada yang punya pengalaman mobilnya harus turun mesin? Atau punya informasi berapa dana yang dibutuhkan untuk overhaule mesin dan detail sparepart apa saja yang biasanya diganti untuk mobil tua sejenis Suzuki Forsa, Carry, Katana atau mobil lainnya juga boleh. Kalau berkenan, bagi-bagi pengalaman dan infonya dong. :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar