Jumat, 10 Juli 2015

Ketemu! Penyebab Mesin Mbrebet dan Macet

Penyebab Lain Mesin Mobil Suzuki Forsa Macet/Mogok

Sudah turun mesin tapi setiap setelah jalan beberapa kilometer mesin tiba-tiba mbrebet ndut-ndutan lalu macet. Dan setelah macet jadi susah dihidupkan. Kejadian ini sudah lama bahkan sejak sebelum turun mesin. Sistem pengapian tidak masih normal. Diduga karburator bermasalah, tapi sudah dibongkar dan disetel mekanik bengkel tetap saja gak bisa menyelesaikan masalah. Filter bensin sudah dibersihkan, pompa bensi juga masih bekerja tapi masih macet-macet. Saya jadi males ke bengkel karena cuma nambah pengeluaran tapi masalah gak selesai. Mendingan saya kerjain sendiri. Setelah browsing-browsing di internet tentang penyebab mesin mbrebet dan ketemu salah satu penyebabnya bisa jadi karena saluran untuk mengembalikan bensin dari karburator ke tangki kotor atau tersumbat. Saluran dari karburator ke tangki ya, bukan saluran masuk bensin dari tangki ke karburator.

Kemudian saya cek, ternyata benar ada benda bulat seukuran gotri terbuat dari plastik yang menyumbat selang penghubung dari karburator ke saluran kembali ke tangki bahan bakar. Furngsi saluran itu adalah kalau karburator banjir maka bensin akan dikembalikan ke tangki. Entah dari mana benda itu berasal. Tapi, kalau saya tidak salah ingat, pada saat service mesin sekalian menambal kebocoran oil carter dulu, selang bahan bakar itu disumbat pake benda oleh orang bengkel, mungkin agar bensin gak netes. Nah, pas mecopot sumbatannya itu kemungkinan ujungnya yang berbentuk bulat itu putus dan tertinggal di selang, sehingga menyumbat saluran bahan bakar.

Sekarang, setelah kotoran penyumbat saluran bensin kembali ke tangki dibuang, Alhamdulillah mobil Suzuki Forsa saya nggak mogok-mogok lagi walaupun settingan karburator belum pas dan knalpot masih ngebul.

Sebagai pengalaman dan pelajaran bagi saya sendiri serta teman-teman, lain kali memang sebaiknya amati tindakan teknisi saat membongkar mobil kita, khususnya di bengkel yang terlihat kurang profesional. Kemudian cek hasil kerjanya. Sehingga kalau ada masalah yang terjadi nantinya, kita bisa ingat-ingat lagi apa saja yang telah dilakukan teknisi sebelumnya, agar lebih mudah menemukan sumber masalahnya jika ada kesalahan atau kelalaian yang dilakukan teknisi bengkel.

1 komentar:

  1. mas salam kenal, kebetulan saya juga pengguna forsa glx 88
    dan kebetulan punya problem yg sama
    ini yg mn ya mas letaknya
    ---saluran untuk mengembalikan bensin dari karburator ke tangki kotor atau tersumbat. Saluran dari karburator ke tangki ya, ---
    terima kasih

    BalasHapus