Sabtu, 21 November 2015

Ball Joint Low Arm Patah

Gludukk!! gludukk...!!! Suara roda depan sebelah kanan yang tiba-tiba membentur bemper depan sampai hampir njepat (lepas).
Kejadiannya hari Sabtu tanggal 21 November 2015 sekitar jam 4 sore setelah berhenti di pinggir jalan beli jajan. Pas mau jalan lagi, muncullah suara gluduk gluduk dari kaki-kaki mobil.

Setelah dicek ternyata low arm (sayap) rusak/bermasalah. Awalnya saya kira cuma lepas, ternyata bagian ball joint yang dijepit patah. Alhamdulillah itu tidak terjadi saat kecepatan tinggi. Terpaksa mobil dibiarkan berhenti di bahu jalan, jadi mengganggu pengguna jalan lainnya deh.

Syukurlah ada orang yang bantu mencarikan mekanik. Setelah low arm dilepas, dibawa muter-muter ke bengkel dan toko sparepart mobil yang masih buka nyari low arm (sayap) Suzuki Forsa GLX ternyata gak ada yang punya. Duhh...! Akhirnya, sebagai solusi sementara, Low Arm yang patah dibawa ke tukang las untuk dilas listrik. Setidaknya biar bisa dipakai sampai rumah. Ternyata memasangnya kembali pun tidak mudah. Ada bagian sambungan las menonjol sehingga ball joint gak bisa masuk ke penjepit, harus digerinda. Saya pun pinjam gerinda di bengkel motor yang ada di dekat lokasi, tapi saya gerinda sendiri soalnya mereka gak mau, takut salah.

Akhirnya low arm Forsa GLX yang sudah dilas berhasil dipasang oleh mas mekanik dengan susah payah. Alhamdulillah kami bisa melanjutkan perjalanan pulang dengan selamat. Sampai rumah sekitar jam 8 malam. Pengalaman yang sangat berharga.

*Dua hari kemudian saya ke toko sparepart mobil yang lumanyan lengkap, tersedia sayap atau Low Arm untuk Suzuki Forsa. Harga Low Arm Forsa yang murah sekitar Rp.275.000, sedangkan yang buatan Jepang sekitar Rp.375.000,-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar